Olimpiade Tokyo: Negara Bermuda Menangkan Medali Emas untuk Pertama Kali

By Nad

nusakini.com - Internasional - Dengan populasi warganya hanya 63.000 jiwa, negara Bermuda menjadi negara dengan populasi terkecil yang memenangkan medali emas di Olimpiade Musim Panas saat Flora Duffy memenangkan triatlon di Tokyo.

Wanita berusia 33 tahun yang sudah empat kali tampil di Olimpiade ini menjadi pemenang dari 56 peserta dengan waktu tempuh 55 menit 36 detik, lebih dari satu menit di depan atlet Inggris Georgia Taylor-Brown dan Amerika Serikat Katie Zafares.

Bermuda sebelumnya memegang rekor sebagai negara dengan populasi terkecil yang memenangkan medali setelah petinju Clarence Hill memenangkan medali perunggu pada Olimpiade Musim Panas pada tahun 1976, namun sekarang mereka memiliki medali emas sendiri.

Duffy mengaku ia merasa sangat bangga karena menjadi peraih medali emas pertama untuk Bermuda, peraih medali wanita pertama, dan ia berharap bisa menginspirasi warga Bermuda bahwa mereka bisa mencapai cita-cita mereka.

Kemenangan Duffy yang melewati 51 km dalam triatlon lebih panjang daripada perjalanan ujung ke ujung di Bermuda yang jaraknya hanya 40 km. Negara ini 15 kali lebih kecil daripada New York.